Translate

Senin, 26 Juli 2010

Bersih Itu Indah

Wednesday, 10 January 2007

Disampaikan di Madinah
oleh: Aa Gym

ImageBERSIH ITU INDAH
Kita semua amat menyukai keindahan, dan ternyata kebersihan adalah salah satu kunci keindahan, apapun yang bagus dan indah akan segera pudar keindahannya ketika dibiarkan kotor tak terawat, baju bagus yang kotor tak indah, gigi yang rapi tapi kotor kuning juga jadi jelek, tubuh yang bagus namun kotor tak akan disukai, rumah yang megah dan kotor akan menjadi kumuh, demikianlah kotor selalu memperjelek sesuatu, termasuk kata kata kotor, pikiran kotor , perilaku yang kotor , harta yang kotor terutama sekali hati yang kotor akan memperburuk dan menghinakan seseorang

BERSIH ITU SEHAT
Kita semua ingin hidup sehat karena kesehatan yang baik membuat kita lebih bisa menikmati hidup ini, dan Alloh memperlihatkan bahwa tempat, makanan, pakaian, atau pola hidup termasuk harta yang tak bersih alias kotor bisa menjadi racun yang amat mudah mengundang pelbagai penyakit baik penyakit lahir dan penyakit bathin. Dengan kata lain siapapun yang tak serius menjaga kebersihan adalah sama dengan membiarkan penyakit akan menyerang, membuat hidup berpenyakit berarti membuat hidup tak ternikmati, tak produktif ,hidup yang sengsara dan menyengsarakan.

BERSIH ITU MENYENANGKAN
kita amat menikmati suasana yang bersih, rapih teratur,nyaman dan menyenangkan, bernafas lega, pikiran menjadi ringan, pandangan mata sejuk, hatipun serasa lapang, akan terasa kepuasan bathin tersendiri, namun sangat berlainan halnya bila kita berada di tempat yang kotor, bau, semrawut, berantakan, niscaya tak pernah merasakan kenyamanan, hati tak tentram , pikiran terasa kian pusing dan ruwet, urusan serasa bertambah, dan bencana bisa datang tiba tiba..

BERSIH ITU BERMARTABAT
kita sering merasa takjub, terkesan dan amat menghargai Negara yang bersih, masjid yang bersih, pribadi yang bersih dan memang kebersihan bisa menjadi alat ukur kualitas martabat kehidupan seseorang jua sebuah Negara. Begitu pula Negara yang amat kotor tak terurus , termasuk suasana dan pribadi kotor akan menjadi citra dan pamor yang buruk. Tampaknya, kebiasaan bersih atau kotor akan sangat menentukan martabat kita sendiri.

BERSIH ITU TANDA KEIMANAN
Nabi Muhammad Saw. begitu bersih lahir dan bathinnya, giginya dibersihkan setiap usai makan dan berwudhu, kukunya dan rambut yang terawat, , badannya yang harum, rumahnya yang bersahaja namun amat rapih dan bersih, bahkan untuk mendekat kepada Alloh lewat sholat diawali dengan mensucikan diri berwudhu.. luar biasa. Sungguh bertaburan ayat yang menunjukan kecintaan Alloh Swt. kepada hamba yang gemar mensucikan dirinya, bahkan yang kelak akan bisa berjumpa dengan Alloh ternyata adalah orang yang memiliki Qolbun saliim, hati yang bersih selamat. Rosulpun meyakinkan ummatnya bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan demikian kita bisa mengukur kadar keislaman dan keimanan dengan selera, upaya dan kecintaan kita terhadap kehidupan yang bersih, lahir maupun bathin.

Saudaraku.. marilah kita perindah kehidupan ini, kita muliakan martabat, kita kokohkan keimanan kita dengan berpaya keras hidup bersih, tempat , tubuh, suasana, pikiran, tuturkata, sikap dan perilaku, harta, pergaulan dan yang paling utama hati yang bersih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar